Rabu, 14 November 2012

Sumber Biodiesel Baru

Revolusi Satu Sel


     Di Hongkong, Cina ratusan perusahaan dan universitas mengembangkan ganggang satu sel sebagai sumber energi baru. Tanaman kecil yang mengambang ini dapat menghasilkan biodiesel sepuluh kali lebih banyak dibandingkan tanaman bahan bakar bio di tanah. Pabrik energi tersebut dapat segera mengganti fasilitas penanganan air limbah yang ada..

     Dan juga di California, ilmuwan NASA juga mengembangkan ganggang sebagai sumber bioenergi.. Alasannya karena "jenis tumbuhan mikroorganisme laut ini memiliki kandungan minyak yang sangat tinggi".. Begitu kata Jonathan Trent yang memimpin riset Spaceship Earth di NASA Ames Research Center. Dan faktanya, sebagian besar minyak yang kita gunakan berasal dari ganggang yang tumbuh jutaan tahun yang lalu...

     Alasan yang lainnya dari pakar NASA mengembangkan bioenergi dari ganggang :

"Ketika astronot berada di luar angkasa mereka membutuhkan banyak perbekalan agar bisa bertahan di sana. Sementara untuk itu diperlukan perencanaan yang matang serta management sumber energi yang terbatas.Hal inilah yang kemudian mengilhami kami untuk mengadakan proyek "Sustainable Energy for Spaceship Earth" dan mereka menemukan bahwa dengan memproduksi energi bersih dari ganggang adalah cara yang sangat cerdas dan efisien."

     Ganggang juga memiliki fungsi yang serupa dengan tanaman lain yaitu menghilangkan karbondioksida dari atmosfer dan menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis. Perbedaannya, ganggang mengeluarkan lemak, bahan organik yang mengandung minyak dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar